Friday, April 15, 2011

Workshop Guraru di Tenggarong Berlangsung Sukses

Workshop Guraru (Guru Era Baru) yang diselenggarakan oleh IGI Kutai Kartanegara berlangsung sukses dan meriah. Acara ini diselenggarakan Kamis, 14 April 2011 di Hotel Grand Elty Singgaasana, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara. Dukungan penuh untuk acara ini datang dari Acer Indonesia sebagai sponsor tunggal serta Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara. Berikut laporan lengkap dari Bp. Setyo Purnomo dari IGI Balikpapan sekaligus sebagai narasumber dalam acara ini. Foto lengkap acara ini diambil oleh Ibu Rabiatul Huda dari IGI Kutai Kartanegara, lihat album.


Laporan dari acara Workshop Guraru (Guru Era Baru), kerjasama IGI Kukar, Acer, dan AIS di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong Kutai Kartanegara
oleh : Setyo Purnomo

Bertempat di Batara Room Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, IGI Kukar dengan dukungan penuh dari Acer dan "diaransemen" oleh Airlangga Informindo System (AIS), Balikpapan, menyelenggarakan acara workshop dengan tema Menuju Pendidikan Kelas Dunia, dengan topik Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Multimedia dalam Aplikasi Pembelajaran di Sekolah.

Dengan dihadiri oleh kurang lebih 40 kepala sekolah, mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK, dari 18 kecamatan di Kab. Kukar, acara yang dimulai pada pukul 09.00 WITA tersebut terasa sangat istimewa. Betapa tidak ? Saya harus angkat topi kepada panitia yang merupakan gabungan dari IGI Kukar dan AIS, karena berhasil menghadirkan para peserta dari segmen yang amat terbatas lagi eksklusif yakni para kepala sekolah dan beberapa pejabat penting sekolah lainnya.

Acara ini menjadi semakin istimewa karena dihadiri oleh Wakil Bupati Kukar H.M Ghufron Yusuf, Kepada Dinas Pendidikan Kukar Drs. H.M. Hardi, M.M., dan Bp. Mario Laksamana dari Acer.

Ketua IGI Kukar Drs. Abdul Hakim, M.M, mengawali acara dengan memberikan sambutan, yang isinya kurang lebih memberikan gambaran kemajuan pendidikan di Kukar dan bagaimana IGI turut berperan di dalamnya, di mana salah satunya adalah dengan aktif memberikan seminar dan pelatihan untuk guru. Secara khusus beliau memberikan penekanan akan pentingnya penguasaan TIK oleh guru untuk semakin meningkatkan profesionalitas.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil Bupati Kukar H.M. Ghufron Yusuf yang membacakan sambutan tertulis dari Bupati Kukar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa profesionalitas guru harus makin ditingkatkan seiring dengan makin beraneka ragamnya tantangan zaman. Workshop yang diselenggarakan IGI Kukar diharapkan dapat menjadi salah satu contoh tentang bagaimana seharusnya sebuah pelatihan dikondisikan untuk peningkatan profesionalitas guru. Selesai membacakan sambutan, beliau berkenan membuka workshop tersebut secara resmi.

Sebelum menginjak acara selanjutnya, para undangan diperkenankan menikmati coffee break yang lezat.

Acara selanjutnya berupa pemaparan dari tiga narasumber, yakni Kadisdik Kukar Drs. H. M. Hardi, M.M. , Kepala SMK TI Airlangga Samarinda, Mohammad Adriyanto , dan saya.

Pak Adri mengawali acara ini dengan presentasi yang memberikan gambaran betapa mudahnya saat ini teknologi internet dijangkau oleh semua kalangan dan mampu memberikan pengaruh yang luar biasa kepada para pelakunya dan masyarakat. Dalam hal ini beliau menunjuk pada "kasus" video Youtube Shinta-Jojo dan Briptu Norman. Menjadi pertanyaan, kenapa bukan guru yang "kreatif" begitu ? Ini adalah fenomena isi atau konten yang disiarkan secara beranting melalui saluran distribusi yang massal dan mampu menjangkau nyaris seluruh pelosok negeri. Seandainya yang tersebar adalah video pendidikan, maka akan ada sekian juta anak sekolah yang tercerahkan, mendapatkan pengetahuan baru.

Bapak Kadisdik Kukar Drs. H.M. Hardi, M.M. memberikan pemaparan kebijakan dinas pendidikan Kukar, yang kesemuanya diikat dalam satu slogan yakni Gerbang Raja, yang merupakan kependekan dari Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera. Untuk mendorong hal tsb, beliau secara eksplisit menyampaikan bahwa akan ada bantuan laptop untuk guru-guru di Kukar, baik negeri maupun swasta. Program ini sudah disepakati di panitia anggaran (APBD II), sehingga tinggal menjalankan saja. Tentu saja semua peserta bertepuk tangan riuh mendengar hal ini.

Saya sendiri menyampaikan hal-hal yang menyangkut bagaimana menerapkan kebijakan dan strategi TIK di sekolah. Saya menyampaikan bahwa sudah semestinya sekolah berani menelurkan kebijakan menyangkut pemanfaatan TIK secara jelas, terprogram, terstruktur, dan bisa dimonitoring serta dievaluasi. Di ujung presentasi saya menampilkan video tentang hal-hal baru yang saat ini berpengaruh di dunia pendidikan, seperti Second Life, Augmented Reality, dan meluasnya penggunaan Tablet PC.

Acara selanjutnya adalah diskusi. Dengan dimoderatori oleh Wakil Ketua IGI Kukar Bp. Suparno, seorang guru senior dari SMKN 1 Tenggarong, peserta nampak antusias dalam menyampaikan pertanyaan. Sebagian besar pertanyaan ditujukan kepada Kadisdik, terutama pada mekanisme penerimaan bantuan laptop untuk guru tersebut.

Acara diakhiri pukul 12.15 WITA tanpa hambatan apapun, dan sebagai penutup para peserta diajak menikmati makan siang di restoran Grand Elty Singgasana. Suasana makan siang yang luar biasa, karena selain masakannya kelas kuliner hotel bintang lima, juga pemandangan di sekitar restoran yang luar biasa, di mana di arah bawah (hotel ini di atas bukit) membentang memanjang Sungai Mahakam.

Kejutan di acara ini ternyata belum selesai, karena hari Sabtu 16 April 2011, IGI Kukar masih akan menyelenggarakan acara seminar nasional yang akan menghadirkan pakar multimedia untuk pendidikan, pendekar IGI, yakni Pak Mampuono dari Jawa Tengah dan blogger guru pemenang Guraru, yakni Pak Urip dari Kalimantan Tengah. Acara yang akan diselenggarakan di aula kantor bupati Kukar ini direncanakan akan dihadiri oleh 200-an guru di seluruh Kab. Kukar.

Bravo IGI Kukar ... maju terus, berbagi dan tumbuh bersama.

Salam
PakPur

0 komentar:

Sekretariat IGI Kaltim

Sekretariat IGI Kaltim
Jl. Pahlawan 2A, Samarinda 75123
Kalimantan Timur, Indonesia
Tlp. 0541 741864, Fax. 0541 735982
E-mail: kgikaltim@gmail.com
Web: http://kgikaltim.blogspot.com
Contact Person:
Bp. Sigit Sigalayan (HP: 0852-50679002)
Bp. Suparno (HP: 0812-5350386)

Forum Diskusi Online KGI

Bergabung dengan forum diskusi online (milis) Klub Guru Indonesia di Yahoogroups. Siapa saja yang memiliki kepedulian pada peningkatan mutu pendidikan dan keguruan boleh bergabung dengan milis ini. Orang tua atau wali siswa juga diharapkan bergabung karena ini adalah kesempatan yang baik untuk berkomunikasi langsung dengan para guru yang selama ini mengajar anak-anak di sekolah.

Keanggotaan IGI

Keanggotaan IGI terbuka bagi para guru, kepala sekolah, pemerhati pendidikan, dan semua komponen masyarakat yang memiliki kepedulian pada dunia pendidikan, mau memperluas wawasan serta bersedia saling berbagi pengalaman dalam usahanya memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Pendaftaran dilakukan dengan menghubungi Sekretariat IGI Kaltim.

Template by Ourblogtemplates.com modified by KGI Kaltim Web Team

Back to TOP