Friday, November 13, 2009

Gerakan Guru Menulis dan Launching Jurnal Klub Guru oleh Menkominfo

Ketrampilan menulis masih merupakan momok menakutkan bagi guru. Ratusan ribu guru tertahan di golongan IV A karena belum mampu menyusun karya tulis ilmiah (KTI) sebagai syarat naik ke IV B. Kondisi ini sangat memprihatinkan, apalagi akan diusulkan melalui Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, bahwa penulisan KTI akan dipersyaratkan pada kenaikan golongan dari III B menjadi III C.


Masalah lain adalah guru-guru yang sudah membuat KTI pun kesulitan memublikasikan karyanya karena keterbatasan jumlah jurnal ilmiah yang siap terbit secara berkala. Dengan mengikuti semiloka ini, lalu dilanjutkan dengan pelatihan secara intensif, dan pembimbingan dari pakar yang berkompeten, diharapkan guru bisa menyusun KTI dengan baik. Karya guru juga akan diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah Klub Guru Indonesia yang disiapkan terbit dalam versi cetakan maupun online (jurnal elektronik).

Aktivitas yang akan dilakukan KGI dalam meningkatkan kemampuan membuat karya tulis ilmiah di kalangan guru terbagi menjadi 4 (empat) tahapan, yaitu:

(1) Seminar dan Lokakarya (29 November 2009):
Untuk memberikan wawasan yang lebih umum tentang pentingnya karya tulis ilmiah bagi guru, dan sekaligus arahan global bagaimana guru bisa menulis. Acara dijadwalkan berlangsung di Surabaya, dan Insya Alloh panitia akan mengundang Bapak Ir. Tifatul Sembiring (Menkominfo) sebagai keynote speaker. Jika tertarik mengikuti acara ini silakan mendaftarkan diri ke panitia. Informasi lengkapnya di website Klub Guru:
http://klubguru.com/2-view.php?subaction=showfull&id=1257989886&archive=&start_from=&ucat=3&

(2) Diklat Menulis KTI (Angkatan I, pada tanggal 12-13 Desember 2009)
Alumni peserta semiloka dibagi menjadi 40 orang perkelompok untuk mengikuti diklat secara intensif. Agar pelaksanaan diklat berlangsung optimal, maka seluruh peserta diwajibkan membawa laptop yang dilengkapi koneksi internet. (Jadwal lebih detail menyusul)

(3) Konsultasi / Bimbingan Online
Konsultasi dan bimbingan dilakukan secara online melalui email atau diskusi grup (mailing list), sehingga bisa menjangkau cakupan peserta dari beberapa kota secara cepat, mudah, dan murah. KGI akan membuat mailing list khusus untuk para penulis dan calon penulis Jurnal Klub Guru

(4) Penerbitan Jurnal Ilmiah Klub Guru Indonesia
Untuk memublikasikan karya tulis ilmiah yang sudah dihasilkan para guru dan telah dinyatakan memenuhi criteria oleh tim penyunting, diterbikan Jurnal Klub Guru, baik dalam bentuk cetakan maupun offline (Jurnal Elektronik KGI). Guru yang tertarik mengisi Jurnal Klub Guru, silakan kirimkan naskahnya via email: jurnal@klubguru.com. Ketentuan menulis bisa dilihat di: http://ejurnal.klubguru.com/

Melalui seluruh rankaian kegiatan ini diharapkan guru akan memiliki kemampuan membuat karya tulis ilmiah yang baik. Bukan semata dalam rangka memenuhi syarat kenaikan pangkat, tapi untuk tujuan yang lebih tinggi, yaitu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.

Setelah ini, kita berharap jangan lagi ada guru menjiplak karya tulis orang lain. Atau membayar sejumlah uang untuk membuat karya tulis.

Selamat belajar para guru. Salam kebangkitan guru Indonesia.

Mohammad Ihsan,
Sekjen Klub Guru Indonesia
www.klubguru.com

0 komentar:

Sekretariat IGI Kaltim

Sekretariat IGI Kaltim
Jl. Pahlawan 2A, Samarinda 75123
Kalimantan Timur, Indonesia
Tlp. 0541 741864, Fax. 0541 735982
E-mail: kgikaltim@gmail.com
Web: http://kgikaltim.blogspot.com
Contact Person:
Bp. Sigit Sigalayan (HP: 0852-50679002)
Bp. Suparno (HP: 0812-5350386)

Forum Diskusi Online KGI

Bergabung dengan forum diskusi online (milis) Klub Guru Indonesia di Yahoogroups. Siapa saja yang memiliki kepedulian pada peningkatan mutu pendidikan dan keguruan boleh bergabung dengan milis ini. Orang tua atau wali siswa juga diharapkan bergabung karena ini adalah kesempatan yang baik untuk berkomunikasi langsung dengan para guru yang selama ini mengajar anak-anak di sekolah.

Keanggotaan IGI

Keanggotaan IGI terbuka bagi para guru, kepala sekolah, pemerhati pendidikan, dan semua komponen masyarakat yang memiliki kepedulian pada dunia pendidikan, mau memperluas wawasan serta bersedia saling berbagi pengalaman dalam usahanya memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Pendaftaran dilakukan dengan menghubungi Sekretariat IGI Kaltim.

Template by Ourblogtemplates.com modified by KGI Kaltim Web Team

Back to TOP